Home  |  About me  | 

Tuesday, January 4, 2011

Retardasi Mental


a. Definisi dan etiologi Retardasi Mental
- Suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap atau tidak sesuai dengan tingkat perkembangan anak seusianya.
- Ditandai oleh adanya hendaya keterampilan selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada tingkat intelegensia anak yaitu pada kemampuan kognitif, bahasa, motorik dan sosial anak
- Bukan suatu penyakit melainkan suatu kondisi yang timbul pada usia yang dini (biasanya sejak lahir) dan menetap sepanjang hidup individu tersebut.
Penyebab RM :
- Antenatal : Masalah pada ibu hamil seperti adanya kekurangan gizi, alcohol, atau adanya infeksi intrauterin.
- Perinatal : Adanya penyulit persalinan seperti lilitan trauma lahir yang menyebabkan defek otak.
- Post-natal : Masalah pada tahun pertama kehidupan seperti infeksi otak, ikterus, kejang, kecelakaan, malnutrisi, kurang stimulasi, kekerasan, dan penelantaran
- Faktor genetik : down, asperger, x-fragile
b. Diagnosis Retardasi Mental
Diagnosis ditegakan berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan adanya tanda-tanda keterlambatan dan test IQ serta insetnya terjadi sebelum usia 18 tahun. Adapun tanda-tandanya seperti adanya keterlambatan dalam tahapan perkembangan, adanya kesulitan dalam belajar dan kesulitan dalam bersosialisasi, tidak mampu memahami/melaksanakan instruksi, adanya perilaku seksual yang tidak sesuai, RM sedang danberat dapat dideteksi pada anak dibawah 2 tahun.
Klasifikasi berdasarkan fungsi intelektual IQ (RM < 70) :


i. RM ringan jika IQ antara 50-70 (mampu didik)
 Mulai tampak gejala pada usia sekolah dasar, misalnya sering tidak naik kelas, selalu memerlukan bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pribadi
 Anak dapat menyelesaikan pendidikan dasar (tamat SD)
 80 % dari anak dengan RM termasuk dalam golongan ini
ii. RM sedang jika IQ antara 35-49 (mampu latih)
 Sudah tampak sejak anak masih kecil dengan adanya keterlambatan dalam perkembangan, misalnya perkembangan wicara atau perkembangan fisik lainnya. Anak hanya mampu dilatih untuk merawat dirinya sendiri
 Pada umumnya tidak mampu menyelesaikan pendidikan dasarnya
 Angka kejadian sekitar 12 % dari seluruh kasus RM
iii. RM berat jika IQ antara 20-34
iv. RM sangat berat jika IQ <20
 Sudah tampak sejak anak lahir, yaitu perkembangan motorik yang buruk dan kemampuan bicara yang sangat minim. Hanya mampu untuk dilatih belajar bicara dan keterampilan untuk pemeliharaan tubuh dasar
 Angka kejadian 8 % dari seluruh RM
c. Penatalaksanaan Retaradasi Mental
 Berikan informasi mengenai RM dan dampaknya kepada orang tua atau pengasuhnya
 Tidak ada pengobatan khusus. Obat-obatan hanya diberikan jika RM disertai dengan gangguan fisik atau mental lainnya
 Program pelatihan khusus yang intensif berupa pelatihan keterampilan hidup yang mendasar
 Program pendidikan luar biasa
 Konsultasi dengan profesional di bidang kesehatan jiwa lainnya bila diperlukan

0 comments: